Selasa, 18 Oktober 2016

Rumus Dasar Excel Yang Wajib Dikuasai Bagi Pemula



Microsoft Excel merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh orang untuk melakukan perhitungan. Aplikasi ini merupakan pengolah data yang menggunakan fungsi matematika sehingga menggunakan beberapa rumus untuk mempermudah pekerjaan yang membutuhkan perhitungan seperti mengolah data nilai siswa, menghitung gaji pegawai, perhitungan uang nasabah, dan sebagainya. Jadi, banyak orang yang membutuhkan Microsoft Excel dalam menyelesaikan pekerjaannya. 
Rumus-rumus pada Microsoft Excel akan membantu menyelesaikan pekerjaan mengolah data dengan mudah dan cepat. Berikut ini pertamakali.com akan memberikan informasi mengenai rumus dasar Microsoft Excel yang wajib dikuasai oleh pemula. 

SUM

SUM merupakan rumus utama yang harus dikuasai ketika kamu ingin menggunakan Microsoft Excel. Umumnya, SUM sering digunakan untuk melakukan beberapa penjumlahan data. Jadi, SUM sama dengan penjumlahan.
Dibandingkan dengan menjumlahkan secara manual, menggunakan rumus SUM lebih mempercepat pekerjaan karena kamu hanya perlu memblok data yang akan dihitung. Nantinya, secara otomatis hasil penjumlahan data akan diperoleh dengan cepat. Hal ini sangat menguntungkan karena mempermudah pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
Rumus SUM ialah = SUM (Kolom Awal : Kolom Akhir)
Agar lebih jelas, silahkan lihat table di bawah ini: 



  MAX 

MAX merupakan singkatan dari maximal. Rumus ini berguna untuk mengetahui nilai paling tinggi dari suatu data tertentu. Untuk menggunakan rumus MAX, caranya cukup mudah karena hampir seperti penggunaan rumus SUM. Pertama-tama, lakukan blok terhadap data yang akan dicari nilai tertingginya.
Berikut ini rumus MAX yang bisa digunakan:
=MAX(Kolom Awal:Kolom Akhir)



  MIN 

MIN merupakan singkatan dari minimal. Ini merupakan kebalikan dari MAX. MIN digunakan untuk mencari nilai paling rendah dari suatu data.
Rumus ini juga sering digunakan oleh pengguna Microsoft Excel. Berikut ini rumusnya: = MIN (Kolom Awal : Kolom Akhir) 



AVERAGE

AVERAGE ialah rumus yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data. Penggunaan rumus ini hampir sama dengan pengunaan rumus-rumus sebelumnya.
Berikut ini rumus AVERAGE yaitu :
=AVERAGE(Kolom Awal:Kolom Akhir)



COUNT
Untuk menghitung banyaknya data, kita bisa menggunakan rumus COUNT. Namun, COUNT tidak sama dengan SUM. SUM biasa digunakan untuk menghitung nilai dari dari data. Namun COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data. Jadi. Perbedaan antara COUNT dan SUM ialah SUM yang dihitung ialah nilai variabelnya, namun COUNT digunakan untuk menghitung cell yang sudah terisi.
Berikut ini rumus COUNT yang bisa digunakan :

=COUNT(Kolom Awal:Kolom Akhir)



Itulah beberapa rumus dasar Microsoft Excel yang harus dikuasai bagi para pemula. Rumus-rumus tersebut cukup mudah dipraktekkan. Kamu bisa menjumlahkan data, mencari nilai tertinggi dan terendah, dan mencari nilai rata-rata suatu data.
Untuk mengasah kemampuan kamu mengolah data menggunakan rumus-rumus tersebut, perbanyaklah latihan.
Semoga artikel mengenai rumus dasar Microsoft Excel ini dapat bermanfaat untuk mempermudah dalam dalam mengolah data sehingga pekerjaan akan cepat selesai. 

Anda juga dapat mempelajari mengenai fungsi excel lainnya : Rumus Vlookup dan Index Match Excel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar