Microsoft
Excel merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh orang untuk melakukan
perhitungan. Aplikasi ini merupakan pengolah data yang menggunakan fungsi
matematika sehingga menggunakan beberapa rumus untuk mempermudah pekerjaan yang
membutuhkan perhitungan seperti mengolah data nilai siswa, menghitung gaji
pegawai, perhitungan uang nasabah, dan sebagainya. Jadi, banyak orang yang
membutuhkan Microsoft Excel dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Rumus-rumus pada Microsoft Excel akan membantu menyelesaikan pekerjaan mengolah data dengan
mudah dan cepat. Berikut ini pertamakali.com akan memberikan informasi mengenai
rumus dasar Microsoft Excel yang wajib dikuasai oleh pemula.
SUM merupakan rumus utama yang harus dikuasai ketika
kamu ingin menggunakan Microsoft Excel. Umumnya, SUM sering digunakan untuk
melakukan beberapa penjumlahan data. Jadi, SUM sama dengan penjumlahan.
Dibandingkan
dengan menjumlahkan secara manual, menggunakan rumus SUM lebih mempercepat
pekerjaan karena kamu hanya perlu memblok data yang akan dihitung. Nantinya,
secara otomatis hasil penjumlahan data akan diperoleh dengan cepat. Hal ini
sangat menguntungkan karena mempermudah pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
Rumus
SUM ialah = SUM (Kolom Awal : Kolom Akhir)
Agar
lebih jelas, silahkan lihat table di bawah ini:
MAX
MAX merupakan singkatan dari maximal. Rumus ini
berguna untuk mengetahui nilai paling tinggi dari suatu data tertentu. Untuk
menggunakan rumus MAX, caranya cukup mudah karena hampir seperti penggunaan
rumus SUM. Pertama-tama, lakukan blok terhadap data yang akan dicari nilai
tertingginya.
Berikut ini rumus MAX yang bisa digunakan:
=MAX(Kolom Awal:Kolom Akhir)
MIN
MIN merupakan singkatan dari minimal. Ini merupakan
kebalikan dari MAX. MIN digunakan untuk mencari nilai paling rendah dari suatu
data.
Rumus ini juga sering digunakan oleh pengguna
Microsoft Excel. Berikut ini rumusnya: = MIN (Kolom Awal : Kolom Akhir)
AVERAGE
ialah rumus yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu
data. Penggunaan rumus ini hampir sama dengan pengunaan rumus-rumus sebelumnya.
Berikut
ini rumus AVERAGE yaitu :
=AVERAGE(Kolom
Awal:Kolom Akhir)
COUNT
Untuk menghitung banyaknya data, kita bisa menggunakan rumus COUNT. Namun,
COUNT tidak sama dengan SUM. SUM biasa digunakan untuk menghitung nilai dari
dari data. Namun COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data. Jadi. Perbedaan
antara COUNT dan SUM ialah SUM yang dihitung ialah nilai variabelnya, namun
COUNT digunakan untuk menghitung cell yang sudah terisi.
Berikut ini rumus COUNT yang bisa digunakan :
=COUNT(Kolom Awal:Kolom Akhir)
Itulah beberapa rumus dasar Microsoft Excel yang harus dikuasai bagi para
pemula. Rumus-rumus tersebut cukup mudah dipraktekkan. Kamu bisa menjumlahkan
data, mencari nilai tertinggi dan terendah, dan mencari nilai rata-rata suatu
data.
Untuk mengasah kemampuan kamu mengolah data menggunakan rumus-rumus
tersebut, perbanyaklah latihan.
Semoga artikel mengenai rumus dasar Microsoft Excel ini dapat bermanfaat
untuk mempermudah dalam dalam mengolah data sehingga pekerjaan akan cepat
selesai.
Anda juga dapat mempelajari mengenai fungsi excel lainnya : Rumus Vlookup dan Index Match Excel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar