Microsoft Excel merupakan salah
satu jenis aplikasi yang ada di Microsoft Office. Aplikasi ini sangat diminati
oleh banyak orang karena manfaatnya yang sangat luar biasa dalam dunia kerja.
Excel dilengkapi oleh fitur Formulas (rumus-rumus) dan fitur Functions
(fungsi). Nah, fitur-fitur tersebut akan sangat berguna dalam proses pengolahan
data.
Formula
atau Rumus Excel
Kamu bisa menghitung data dengan
menggunakan rumus Excel mulai dari perhitungan sederhana sampai yang sangat
kompleks. Misalnya, kamu bisa menghitung angka-angka, waktu, atau kombinasi
antara keduanya.
Pada dasarnya, formula atau rumus pada Microsoft Excel sama halnya rumus matematika sehingga bisa digunakan untuk
menghitung angka-angka lebih mudah dan praktis. Biasanya, rumus pada Excel
diawali dengan tanda sama dengan (=).
Sebagai contoh, ketika kamu akan
menjumlahkan angka-angka 15, 25, dan 35, maka rumus yang digunakan ialah
=15+25+35, cukup mudah kan? Kemudian, jika kamu ingin mencari nilai rata-rata
suatu data, cara menggunakan rumus Excel ialah =(15+25+35)/3. Jadi, rumus Excel
biasanya melibatkan operator dasar manusia seperti tanda tambah (+) dan tanda
bagi (/) seperti contoh di atas.
Function
atau fungsi pada Microsoft Excel
Fungsi fungsinya ialah untuk
menyederhanakan formula sehingga perhitungan data lebih mudah dan lebih cepat
dilakukan. Jadi, kita tak perlu menggunakan rumus penjumlahan ketika ingin
menjumlahkan angka-angka karena kamu bisa menggantinya dengan menggunakan fungsi
SUM. Caranya yaitu dengan menulis =SUM(15:25:35). Sementara, untuk mencari
nilai rata-rata suatu data maka mengunakan fungsi AVERAGE yaitu
=AVERAGE(15;25;35). Jika hanya untuk menghitung 3 angka, perbedaan antara rumus
dan fungsi belum begitu terasa. Namun, saat kamu akan menjumlahkan banyak
angka, perbedaannya akan sangat terasa. Menggunakan fungsi Excel lebih praktis
karena kamu tidak perlu memasukkan angka-angka yang akan kamu hitung, cukup
tulis nama barisnya, misalnya perhatikan contoh di bawah ini!
Bagian-bagian
rumus Excel
Sebagai contoh, ada data
angka-angka sebagai berikut ini:
Tanda sama dengan (=) merupakan
tanda yang harus digunakan untuk mengawali penggunaan suatu fungsi Excel. Jadi,
formula apapun pasti menggunakan tanda sama dengan terlebih dahulu.
Kemudian, tulisan SUM merupakan
fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan angka-angka sesuai dengan kehendak
pengguna.
Lalu, ada referensi B3:B5 yaitu
merupakan bentuk range yang menandakan bagian yang akan dijumlahkan sehingga
lebih praktis karena kamu tak perlu menulis angka-angka yang akan dihitung
seperti jika menggunakan rumus manual.
Demikianlah penjelasan
mengenai belajar rumus dan fungsi dalam Microsoft Excel. Ternyata, penggunaan
fungsi lebih praktis dibandingkan menggunakan rumus. Pengolahan data yang kamu
lakukan akan cepat selesai bila dalam penghitungannya menggunakan fungsi
Microsoft Excel. Pantas saja jika Microsoft Excel selalu naik daun dari waktu
ke waktu karena semakin banyak orang yang membutuhkannya.
Bagi Anda yang baru belajar Excel bisa juga mempelajari materi berikut : Belajar Excel 2013 untuk Pemula
Tidak ada komentar:
Posting Komentar