Selasa, 18 Oktober 2016

Belajar Rumus dan Fungsi Dalam Microsoft Excel




Microsoft Excel merupakan salah satu jenis aplikasi yang ada di Microsoft Office. Aplikasi ini sangat diminati oleh banyak orang karena manfaatnya yang sangat luar biasa dalam dunia kerja. Excel dilengkapi oleh fitur Formulas (rumus-rumus) dan fitur Functions (fungsi). Nah, fitur-fitur tersebut akan sangat berguna dalam proses pengolahan data. 

Formula atau Rumus Excel

Kamu bisa menghitung data dengan menggunakan rumus Excel mulai dari perhitungan sederhana sampai yang sangat kompleks. Misalnya, kamu bisa menghitung angka-angka, waktu, atau kombinasi antara keduanya.
Pada dasarnya, formula atau rumus pada Microsoft Excel sama halnya rumus matematika sehingga bisa digunakan untuk menghitung angka-angka lebih mudah dan praktis. Biasanya, rumus pada Excel diawali dengan tanda sama dengan (=).
Sebagai contoh, ketika kamu akan menjumlahkan angka-angka 15, 25, dan 35, maka rumus yang digunakan ialah =15+25+35, cukup mudah kan? Kemudian, jika kamu ingin mencari nilai rata-rata suatu data, cara menggunakan rumus Excel ialah =(15+25+35)/3. Jadi, rumus Excel biasanya melibatkan operator dasar manusia seperti tanda tambah (+) dan tanda bagi (/) seperti contoh di atas. 

Function atau fungsi pada Microsoft Excel

Fungsi fungsinya ialah untuk menyederhanakan formula sehingga perhitungan data lebih mudah dan lebih cepat dilakukan. Jadi, kita tak perlu menggunakan rumus penjumlahan ketika ingin menjumlahkan angka-angka karena kamu bisa menggantinya dengan menggunakan fungsi SUM. Caranya yaitu dengan menulis =SUM(15:25:35). Sementara, untuk mencari nilai rata-rata suatu data maka mengunakan fungsi AVERAGE yaitu =AVERAGE(15;25;35). Jika hanya untuk menghitung 3 angka, perbedaan antara rumus dan fungsi belum begitu terasa. Namun, saat kamu akan menjumlahkan banyak angka, perbedaannya akan sangat terasa. Menggunakan fungsi Excel lebih praktis karena kamu tidak perlu memasukkan angka-angka yang akan kamu hitung, cukup tulis nama barisnya, misalnya perhatikan contoh di bawah ini!





Bagian-bagian rumus Excel 

Sebagai contoh, ada data angka-angka sebagai berikut ini:





Tanda sama dengan (=) merupakan tanda yang harus digunakan untuk mengawali penggunaan suatu fungsi Excel. Jadi, formula apapun pasti menggunakan tanda sama dengan terlebih dahulu.
Kemudian, tulisan SUM merupakan fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan angka-angka sesuai dengan kehendak pengguna.
Lalu, ada referensi B3:B5 yaitu merupakan bentuk range yang menandakan bagian yang akan dijumlahkan sehingga lebih praktis karena kamu tak perlu menulis angka-angka yang akan dihitung seperti jika menggunakan rumus manual. 
  
Demikianlah penjelasan mengenai belajar rumus dan fungsi dalam Microsoft Excel. Ternyata, penggunaan fungsi lebih praktis dibandingkan menggunakan rumus. Pengolahan data yang kamu lakukan akan cepat selesai bila dalam penghitungannya menggunakan fungsi Microsoft Excel. Pantas saja jika Microsoft Excel selalu naik daun dari waktu ke waktu karena semakin banyak orang yang membutuhkannya.  

Bagi Anda yang baru belajar Excel bisa juga mempelajari materi berikut : Belajar Excel 2013 untuk Pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar