Minggu, 21 Agustus 2016

Tips Belajar MS Word



Menguasai bahasa komputer seperti Windows dan Macintosh sekarang ini sudah menjadi suatu tuntutan. Seiring dengan majunya teknologi, kebutuhan akan penggunaan komputer sangat membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Namun demikian, masih banyak dari antara kita yang belum menguasai bahasa komputer bahkan tingkat dasar sekalipun.
Dalam artikel ini, kita akan mempelajari salah satu bahasa komputer yang lazim dijumpai pada komputer berbasis Windows ataupun Macintosh yaitu MS Word. MS Word atau Microsoft Word, adalah perangkat lunak yang berada dalam aplikasi Microsoft Office bersama dengan MS Excel, MS Power Point, MS Office Publisher, dll, dan paling banyak digunakan selain MS Excel (baca Belajar Excel ) dan MS Power Point.
Dalam perkembangannya MS Word mengalami banyak perkembangan sejak dimunculkannya dari versi MS Word 1993, MS Word 1998, MS Word 2003, MS Word 2007, hingga MS Word 2013. Dalam setiap versi baru MS Word selalu menambahkan atau menyempurnakan dari versi sebelumnya, sehingga memudahkan penggunanya.

Fungsi MS Word

MS Word berfungsi untuk mengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata bisa dikerjakan melalui aplikasi ini. Banyak hal dapat dikerjakan melalui aplikasi ini, seperti:
-       Membuat surat/dokumen
-       Membuat tulisan dengan berbagai macam variasi (Dengan Word Art)
-       Membuat karangan dengan penambahan gambar
-       Membuat artikel dan penulian dengan gaya kolom-kolom seperti tampilan pada koran

Manfaat MS Word

Berikut ini deretan kegunaan MS Word bagi kita :

Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan

Melalui MS Word kita dapat membuat berbagai macam dokumen yang sesuai dengan keinginan kita. Kita juga bisa mengedit dan merubahnya apabila terjadi kesalahan sebelum diprint. Kita juga bisa membuat tabel dengan berbai macam variasi yang dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita.

Menghemat waktu Kerja

Dalam menggunakan MS Word kita dapat memangkas waktu kerja kita menjadi lebih cepat, sehingga produktifita kerja kita dapat dimaksimalkan. Contoh, dengan fitur Mail Merge yang ada pada MS Word kita dapat membuat surat masal, sehingga dapat menghemat waktu daripada harus mengetik satu-persatu.

Menghemat Biaya

Kita dapat menghemat penggunaaan kertas yang kita pakai. Kita dapat menyimpan hasil pekerjaan kita ke dalam file, sehingga tidak akan banyak pemakaian kertas yang terbuang percuma. Tentu saja hal ini akan sangat efektif dipakai di dunia kerja maupun pendidikan saat ini.

Kelebihan MS Word

MS Word hadir menggantikan aplikasi pengolah kata lain yang telah hadir terlebih dulu seperti Word Star, Qwriter, dan aplikasi berbasis DOS lainnya yang penggunaannya tidak praktis. Selain itu aplikasi sebelum MS Word, tidak bisa memberikan tampilan yang sesuai dengan harapan penggunanya saat mengetik. Dalam MS Word, pengguna akan langsung mengetahui bentuk/tampilan hasil pengetikannya saat akan dicetak, karena tampilan saat masuk ke aplikasi ini adalah seperti kita menuliskan kata-kata di atas kertas putih.
Untuk lebih lengkapnya kita akan belajar lebih dalam lagi tentang Microsoft Word. Mari ikuti terus tips dari kami dalam artikel-artikel kami selanjutnya.

Bacaan yang berkaitan dengan Ms Office lainnya :

Rumus Excel untuk Fungsi Finansial

Rumus Vlookup

Cara Filter Pada Excel
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar